Sahur… Sahur…!!!

Mumpung masih bulan Ramadhan, saya ingin berbagi sedikit hal mengenai serba serbi di bulan Ramadhan. Baru saja saya membaca sebuah artikel yang menarik perhatian saya. Judulnya “Saat Sahur Jangan Makan yang Manis-manis”. Saya lalu bertanya-tanya mengapa kita justru tidak boleh mengonsumsi makanan yang manis saat sahur?

Setelah saya membaca artikel tersebut barulah saya mendapat jawabannya. Dr. Hendrawan Nadesul mengatakan bahwa sebaiknya kita menghindari mengonsumsi makanan yang manis pada saat sahur, apalagi jika waktu sahur hanya mengonsumsi minuman manis seperti teh manis karena mungkin tidak sempat sahur. Beliau mengatakan bahwa makanan yang manis hanya akan bertahan lebih kurang 2 jam setelah dimakan. Padahal tubuh kita harus menahan puasa selama 14 jam. Cukup masuk akal mengingat setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh kita akan diproses dulu menjadi glukosa untuk kemudian digunakan sebagai energi untuk pembakaran (tolong dikoreksi kalo salah.. hehehe). Jika kita mengonsumsi makanan yang manis maka proses pencernaan menjadi glukosa akan menjadi sangat singkat sehingga makanan yang masuk akan sangat mudah untuk dicerna.

Makanan manis akan membuat tubuh melepaskan insulin dengan cepat sehingga memicu rasa cepat lapar. Fungsi insulin adalah memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi. Usahakan sahur dengan menggunakan karbohidrat yang cukup karena karbohidrat dapat bertahan dalam tubuh hingga 5 jam setelah dikonsumsi. Tentu sangat dianjurkan mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti beras merah atau oatmeal. Tapi kalau tidak memungkinkan cukup makan nasi putih biasa dengan porsi yang cukup. Ingat, cukup, bukan berlebihan.

Sayur dan buah juga tidak boleh diabaikan karena sayuran mengandung cukup serat dan makanan berserat menahan insulin agar tidak cepat keluar.

buah-buahan sangat dianjurkan ketika sahur

buah-buahan sangat dianjurkan ketika sahur

Hal lain yang tidak boleh diabaikan adalah air putih. Seringkali kita minum kurang dari satu gelas air setelah makan karena perut kita sudah terlalu kenyang. Biasakan minum air putih dengan cukup. Kebutuhan air putih untuk setiap orang lebih kurang = berat badan/30. Jadi jika seseorang dengan berat badan 60 kg maka kebutuhan air putihnya adalah 60/30 = 2 liter.

Sesuai hadist Rasul, “… berhenti makan sebelum kenyang.” Hal ini dimaksudkan agar perut kita memiliki cukup ruang untuk diisi dengan air. Idealnya komposisi dalam perut kita setelah kita makan adalah 1/3 makanan, 1/3 air, dan 1/3 udara. Hal tersebut agar proses pencernaan dalam tubuh kita berjalan dengan optimal. Bayangkan jika kita adalah orang yang sangat sarat dengan aktivitas yang mengeluarkan keringat. Jika kita kurang minum air putih saat sahur makan tubuh kita akan mengalami dehidrasi dan tentunya hal ini tidak baik untuk tubuh kita. Jadi, minumlah air putih yang cukup agar kebutuhan cairan dalam tubuh tidak terganggu.

Juga hindari minum kopi atau soft drink pada saat sahur. Teman-teman pecandu kopi mungkin harus menahan hasrat meminum kopi dulu untuk sementara. Kopi, seperti halnya soft drink adalah diuretic yang bukan memberikan cairan untuk tubuh tapi malah menghabiskannya. Bahkan setelah kita minum satu gelas soft drink maka kita harus menggantinya dengan 8 gelas air putih agar cairan dalam tubuh kita tidak terganggu.

Setelah buka, kita justru dianjurkan mengonsumsi makanan manis. Makanan berkarbohidrat sederhana seperti kurma akan membantu cairan tubuh dan kadar gula darah menjadi normal kembali.

Nah, silakan mulai dari sekarang. Maksud saya besok pagi ketika sahur. Kalau sekarang batal dong ya…

One thought on “Sahur… Sahur…!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: