1:51,1

Seperti biasa, hari ini saya (telat) dateng ke kantor😀 *Telat kok biasa?* sebelum itu, saya sempat mengisi full tank tangki bensin motor Karisma saya. dan setelah saya isi, ternyata motor saya memiliki efisiensi bahan bakar 1:51.1! Artinya 1 liter bensin untuk 51,1 km. Yihaa..!!

Trus, gimana saya tau kalo si motor itu berefisiensi sekian? Nah, jadi di SPBU-SPBU jaman sekarang, udah ada alat untuk mengukur efisiensi bahan bakar kendaraan bermotor kita. Gak ding, becanda. Saya cukup mengisi full tangki bensin saya, saya gunakan kendaraan saya, setelah digunakan saya isi full lagi, dan hitung berapa liter yang terisi di tangki saya. Oya, sebelumnya saya mencatat kilometer ketika saya mengisi pertama dan juga setelah saya mengisi untuk yang kedua kalinya. Detailnya seperti ini,

angka speedometer:

km awal = 68011.5

km akhir = 68165.2

selisih = 68165.2 – 68011.5 = 154.3 km

tangki terisi = 3.02 liter

efisiensi = selisih/tangki terisi = 154.3/3.02 = 51.09 km/liter ~ 51.1 km/liter

Cukup irit kan? Dibanding Innova atau Land Cruiser..😀

One thought on “1:51,1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: