Mengenal Jenis Kualitas Film for Dummies

Di bawah ini ada beberapa istilah kualitas film yang sering muncul ketika kita akan mendownload sebuah film:

1.  DVD Rip : yaitu merupakan salinan dari DVD Original. Kualitas gambar dan suaranya baik sekali. DVD Rip akan ada jika DVD Originalnya telah ada di pasaran. Bisa mendukung maksimal 720 x 480 atau 720 x 576. DVD Rip dikeluarkan dalam SVCD dan DivX/XviD

2. DVD Scr : atau disebut jg DVD Screener, yaitu merupakan duplikat dari promo DVD yang akan digunakan sebagai promosi. DVD Scr akan ada sebelum DVD originalnya keluar di pasaran. Kualitas gambar dan suaranya hampir setara dengan DVD Rip, hanya saja pada gambar video sering terdapat beberapa tulisan penjelasan yang terpampang di layar tentang DVD tersebut yang biasanya sedikit menggangu kita pada saat kita menonton film tersebut dan kadang-kadang di beberapa bagian dari video movie berubah dalam warna hitam putih.

3. R5 : Mengacu pada format tertentu dirilis di DVD DVD Region 5, bekas Uni Soviet, dan selundupan rilis ini salinan yang didistribusikan di Internet. Dalam upaya untuk bersaing dengan film pembajakan, industri film memilih untuk membuat sebuah format baru untuk DVD rilis yang dapat dihasilkan dengan lebih cepat dan lebih murah daripada rilis DVD tradisional. Untuk tipe ini, kualitas gambar hampir setara dengan DVD Rip, tetapi untuk kualitas suara biasanya agak jelek (cempreng) ​ , meskipun ada beberapa yang kualitas suaranya sudah bagus, namun tetap saja masih ada sedikit ” noise ” sehingga mengurangi kenyamanan dalam menonton film tersebut.

4. CAM : kualitas jenis ini merupakan hasil dari rekaman Camera Digital, dan langsung direkam dari bioskop pada saat pemutaran film sedang berlangsung sehingga kadang penonton yang lalu lalang ikut terekam. Rekaman kualitas ini biasanya menggunakan mini tripod sehingga sering terdapat sedikit goncangan. Kualitas video ini sangat jelek.

5. TS (Telesync) : atau Telesync, kualitasnya hampir sama dengan jenis CAM. Namun kualitas gambar dan suara TS sedikit lebih baik dari CAM karena TS merupakan CAM yang telah dilabel ulang.

6. Bluray / HD : Resolusi jauh lebih besar yaitu 1920 x 1080 atau 1280 x 720 (tergantung filenya). Konsekuensinya, file jadi besar dan memutarnya juga berat, sehingga diperlukan spesifikasi komputer yang tinggi juga. kalau tidak nanti jadi patah-patah. Kualitas ini jauh lebih baik dari DVD Rip.

7. mHD : mini/micro HD, hampir sama dengan HD, tetapi dengan resolusi yang lebih kecil yaitu 1280 x 5xx, sehingga ukuran file pun juga lebih kecil dibandingkan HD.

8. Workprint : film yang belum diedit efek visulnya secara keseluruhan. Bisanya terdapat adegan yang hilang, suara yang tidak beraturan. Kualitas film ini bervariasi dari yang paling baik hingga yang paling buruk.

9. VCD : biasanya digunakan untuk transfer kualitas rendah (CAM / TS / TC / Screener (VHS) / TVrip (analog) untuk membuat ukuran file yang lebih kecil.

Sumber: copas dari copasan yang suka copas di milis sebelah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: