Keliling Indonesia

Tidak terasa sudah lebih kurang satu tahun saya berada di Maluku Utara, Tidore tepatnya. Kenapa saya bisa nyasar di sini? Saya juga bingung. Tidak pernah terpikir sebelumnya bisa menginjakkan kaki ke pulau yabg dulu hanya saya tahu lewat pelajaran sejarah di sekolah.

Hmm, mungkin memang sudah takdir saya di sini karena sejak dulu salah satu cita-cita saya adalah bisa keliling Indonesia walaupun paling tidak hanya menjejakkan kaki di setiap pulau besar di Indonesia. Ya, jangan lama-lama juga kayak sekarang😀

Untuk Sumatera saya baru mendarat di propinsi paling selatan dari pulau ini, Lampung. Kalimantan saya sudah cukup mengelilingi seputar Kalimantan Timur, mulai dari Balikpapan, Samarinda, Sangatta, dan Bengalon. Dan saya cukup bangga saya sudah pernah menginjakkan kaki Di “hidung” pulau ini (lihat atlas). Untuk Sulawesi saya hanya menginjakkan kaki di bandara Ujungpandang (Makassar), itu pun karena transit pesawat hehehehe. Eh pernah ding, saya sudah berkeliling di Kota Manado. Ya ya,, saya baru ingat. Nah untuk Papua saya belum pernah sama sekali menyentuh daratan ini. Khusus untuk wilayah ini saya hanya ingin ke Raja Ampat. Ya, diving!😀

Di Wilayah Indonesia Bagian Timur saya baru menginjakkan kaki di tanah Maluku Utara. Sebenarnya di sini sudah terlalu lama saya asa. Ya, satu tahun lebih sudah sangat lama bagi saya. Tapi apa mau dikata, pekerjaan yang mengharuskan saya berada di tempat ini. Saya ambil sisi positifnya saja, pengalaman saya bertambah sangat banyak di sini terutama masalah pekerjaan. Dan lagi sepertinya sebentar lagi proyek di sini akan segera selesai jadi saya bisa kembali ke tanah Jawa😀

Dan kabar baiknya (buat saya) sepertinya dalam satu atau dua minggu ke depan saya akan jalan-jalan ke Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau😀. Ini dalam rangka “menengok” salah satu proyek yang ada di sana.

Lumayan, bisa sekalian jalan-jalan ke Singapur😉

Leave a Reply

