First Follower

Pernahkah temen-temen mencetuskan sebuah ide, entah itu dalam sebuah meeting, pertemuan, atau hanya kumpul-kumpul biasa tapi tak ada seorangpun yang setuju atau mendukung ide tersebut?

Atau pernahkah temen-temen mengajak orang-orang untuk ikut melakukan suatu kegiatan, entah itu ikut joget di panggung konser music, atau nonton bioskop, atau apapun tapi tidak ada seorangpun yang mau ikut?

Atau mungkin pernah melempar pertanyaan dalam sebuah forum—lebih terasa jika kapasitas sebagai pembicara atau narasumber—tapi tidak ada seorangpun yang mengangkat tangan untuk menjawab pertanyaan?

Mungkin yang pasti pernah dialami adalah ketika dosen menanyakan sebuah pertanyaan atau soal, tapi tidak ada seorang mahasiswa pun yang berani mengangkat tangan untuk sekedar mencoba menjawab pertanyaan—biasanya karena takut, entah takut apa.

Lalu seketika ada seseorang yang menanggapi ide temen-temen, dan yang lain pun ikut-ikutan menanggapi, baik setuju ataupun tidak.

Lalu tiba-tiba ada satu orang yang ikut joget di atas panggung, dan yang lain satu-persatu naik ke panggung ikutan joget.

Lalu seseorang mengangkat tangan menanggapi pertanyaan yang dilemparkan, dan yang lain pun berbarengan mengangkat tangan ingin menjawab atau sekedar menyampaikan pendapat terhadap pertanyaan yang dilemparkan.

Lalu seorang mahasiswa mencoba menjawab—walaupun salah—dan tiba-tiba mahasiswa lain menimpali dengan pendapatnya sendiri.

Mungkin polanya sudah terlihat ya?

Sebenarnya punya sebuah ide yang baru bukan sesuatu yang begitu penting agar ide tersebut bisa terlaksana oleh banyak orang, agar yang lain mengikuti apa yang kita mau—walaupun itu sebenarnya penting juga, karena kalau tidak ada ide yang bisa diikuti lalu apa yang mau dilakukan? Menurut saya yang terpenting adalah “pengikut pertama”. First Follower—dan mungkin juga yang kedua, atau ketiga. Secara naluriah orang akan takut memulai sesuatu yang baru, dan cenderung memiliki sifat defensif terhadap hal tersebut. Mereka tidak berani mencoba karena mereka belum tahu apa yang mereka hadapi. Banyak orang lebih waspada dalam gelap bukan? Bukannya ketika terang. Karena dalam gelap mereka tidak tahu apa yang mereka hadapi. Dan ketika ada seseorang yang nekat “mau mencoba” hal baru tersebut, maka secara tidak sadar yang lain pun akan terpancing rasa penasarannya dan keberanian untuk mencoba. Dan ini berlaku bagi sebagian besar orang.

Mereka tidak berani mengangkat tangan untuk menjawab karena mereka takut salah. Mereka nggak berani bertanya karena takut dianggap pertanyaannya tidak bermutu. Padahal apa sih hal terburuk yang bisa terjadi kalau salah menjawab? Kiamat? Salah jawab tiba-tiba langsung gempa bumi gitu? Atau dilempar keluar jendela oleh dosen? Paling dosen cuma bilang “Ada lagi yang bisa jawab?”. Apa sih hal terburuk kalau ngasih persepsi dan persepsi kita beda sama kebanyakan orang? Diarak-arak keluar sambil disorakin kalau kita salah? Hmm…

Jadi ya,, menurut saya kita harus mulai memberanikan diri untuk menanggapi sesuatu yang baru. Ralat, menjadi yang PERTAMA menanggapi sesuatu yang baru. Cobalah menjawab. Beranikan mengangkat tangan. Jadilah yang pertama bersuara. Jadi yang pertama mengungkapkan pendapat. Jadilah yang pertama bertanya. Jadilah yang pertama menjawab. Setelah itu pasti yang lain akan mengikuti. Percaya deh🙂

Kalau tidak bisa membuat sebuah ide yang baru, jadilah “pengikut pertama”. Be the First Follower🙂

2 thoughts on “First Follower

    • Mungkin mereka menganggap remeh pertanyaan Nadia. Saya juga pernah kok seperti itu. Sering malah. Tenang aja, semua orang hebat awalnya dianggap remeh oleh semua orang. Lanjut aja, jangan takut. Jangan dipedulikan orang mau bilang apa. Yang penting dengan bertanya kamu jadi tahu apa jawaban dari pertanyaan Nadia kan. Artinya ilmu kamu bertambah juga🙂 Karena pertanyaan yang paling bodoh adalah pertanyaan yang tidak pernah dilontarkan😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: