Operator Seluler Menurut Gue

Saya mau ngebahas sedikit tentang operator seluler based on my experience. Jadi jangan pada protes ya hahaha. Saya sekarang pakai 3 nomor dari 3 operator yang beda, Indosat M3, Telkomsel Simpati, sama XL. Bukan sombong, atau hapenya banyak, atau jualan pulsa. Si nomor M3 ini nomor saya dari SMA, ya kira-kira 10 tahun lalu lah hahaha. Ga kerasa, udah 10 taun aja. Jadi gak mungkin saya ganti nomor gitu aja karena temen-temen yang lain taunya nomor ini. Bukan gak mungkin sih, cuma males aja ngasih tau ke semua yang ada di phone book.

Nah si Telkomsel Simpati ini baru dipake sekitar 2 tahun yang lalu, pertama kali saya tugas di Maluku Utara. Karena konon si Telkomsel ini jaringannya terluas se-Indonesia –setelah Telkom hehehe. Jadi saya memutuskan untuk pakai jasa operator ini. Juga saat itu saya baru pertama kali pakai Blackberry. Nah di Ternate sana cuma Telkomsel yang ada jaringan 3Gnya. Jadi ya gitu deh.

Lalu si XL ini apa kabar? Jadi ceritanya si saya sekarang lagi tugas ke Kendari. Ada yang gak tau Kendari di mana? Bagus…. Semuanya gak tau. Nah di sini sebenernya dua operator yang saya udah pakai itu ada. Tapi ternyata gak jauh beda sama di Maluku, walaupun di sini udah lebih “kota”. Indosat belum ada jaringan 3Gnya, dan Telkomsel walaupun 3G tapi naik turun. Labil. Jadilah saya coba beli dua operator lain yang eksis di sini: Axis dan XL. Dan ternyata si Axis gak ada jaringan 3G juga, akhirnya saya memutuskan pakai XL sebagai operator tambahan. Dan ternyata juga, XL ini setelah saya coba adalah yang paling stabil dan bagus koneksi 3Gnya. Kenceng. Mantep deh.

Ada cerita dikit. Jadi si saya teh daftar paket internetnya XL, yang namanya paket HotRod3G+. Nah entah kenapa waktu pertama kali daftar pulsanya udah kepotong tapi kuotanya masih 0 (nol), jadi gak bisa dipake internetan. Saya langsung telpon deh ke CS nya di 817. Ditanya keluhannya dsb dsb, langsung dicek, ditindak, dan 5 menit kemudian langsung bisa dipake! Top dah!

Nah barusan saya ngisi paket untuk yang ketiga kalinya. Dan masalah timbul lagi, masalah yang sama. Pulsa udah kepotong tapi kuota masih nol. Saya telpon lagi lah si CS itu. Memang sih begitu pulsa udah kepotong saya langsung cek kuota tapi masih nol juga. Dicek beberapa kali eh masih nol juga. Karena kalau paket datanya diaktifin takut kepotong pulsa buat internetan—padahal pulsa cumin seribu perak—jadi paket datanya saya non-aktifkan. Si CS bilang suruh dicoba dulu internetan, biar “kepancing”. Dalem hati saya bilang, lah wong kuotanya nol gimana bisa internetan? Ntar malah kepotong pulsa. Tapi yasudahlah ya, kan dia orang XLnya jadi lebih tau. Begitu dicoba, eh bisa dong. Ga kepotong pulsa. Lagian si pulsa udah abis buat nelpon ke CSnya hahahaha.

Dari dua kali pembicaraan dengan CSnya XL, kesimpulan saya adalah CSnya XL itu oke banget! Pelayanannya ramah, cepat, sigap, tahu apa yang harus dilakukan, dan masalahnya selesai saat itu juga.

Saat itu saya juga mau ngurus kartu Indosat saya yang ilang gara-gara ganti kartu ke XL. Jadi saya pergi ke gerai Indosat. Saya langsung ke CSnya, bilang keluhannya. Dia bilang, “Tunggu sebentar ya pak. Bisa minta KTPnya?”. Saya langsung kasih KTP saya. Nunggu 5 menit, dan… VOILA!! Kartunya udah jadi. Kena biaya kartu 5 ribu perak. Wah cepet juga. Jadi dulu juga saya pernah ilang kartu dan ngurusnya juga cepet ga pake babibu. Nah dari beberapa kali saya ke gerai Indosat, kesimpulan saya adalah pelayanan di gerai Indosat itu relatif oke. Cepet, ga banyak aneh-aneh.

Buat Telkomsel, mm… so far belum ada keluhan sih. Sebenernya keluhan banyak, cuma ya saya agak pesimis bisa teratasi dengan nelpon ke CS atau datang ke Grapari. Seperti internet lemot, BBM pending, sinyal naik turun, gak stabil. Bahkan di kantor saya Jakarta, lantai 6, kalau nelpon putus-putus. Aneh, di tempat tinggi kok malah jelek sinyalnya.

Dari cuap-cuap di atas, berdasarkan pengalaman, saya menyimpulkan:

1. Indosat

a. Pelayanan di Gerai Indosat bagus. Cepat, mudah, gak pake lama (+)

b. Sinyal untuk di daerah luar (timur Indonesia khususnya) sebagian besar masih belum terjangkau oleh jaringan 3G (-)

c. Di kota besar jaringannya cukup bagus. Lumayan bisa diandalkan lah (+)

d. Di dalem ruangan sinyalnya masih oke. Sesuai dengan motonya, Sinyal Kuat Indosat (+)

2. Telkomsel

a. (konon) Pelayanan di Grapari kurang oke. Ngantrinya bisa panjang banget, dan kadang suka disuruh nunggu dan balik lagi ke Grapari karena masalahnya ga bisa beres saat itu. Mudah-mudahan sih udah berubah. CMIIW (-)

b. Sinyal dimana-mana ada. Sampai ke pelosok aja ada. Makanya saya pake karena saya sering tugas ke luar daerah (+) Cuma ya itu, walaupun ada tapi suka naik turun, gak stabil. Kadang suka “menipu”. Sinyal penuh tapi gak bisa buat nelpon atau internetan. Sinyal tidak berkualitas (-)

c. Di kota besar juga banyak keluhan. Lemot terutama. Karena terlalu banyak yang pakai kayaknya jadi jaringannya selalu penuh (-)

d. Di dalem ruangan sinyalnya ga “kuat” kayak Indosat. Di lift juga suka ilang. Di dalem kantor saya malah jelek, padahal di tengah kota Jakarta

3. XL

a. Pelayanan di counter XLnya kurang tau, tapi pelayanan CS via telpon 817 oke banget. Pelayanannya ramah, sistematis, jelas, cepat, sigap. Yang paling penting masalah beres saat itu juga (+)

b. Sinyalnya belum mencapai pelosok terutama Indonesia bagian timur. Di Maluku Utara belum ada contohnya (-). Cuma untuk wilayah Indonesia bagian barat dan tengah sepertinya udah cukup luas (+)

c. Di kota besar seperti Jakarta belum tau kayak gimana, suka denger komplen2 juga sih. Tapi yang saya rasain di Kendari sinyalnya cukup stabil dan bagus (+)

d. Di dalem ruangan sinyalnya cukup fair, kayaknya. Hehehehe. (+-)

e. Satu lagi. Denger cerita dari temen katanya sekarang XL “modus” narik orang buat jadi karyawannya oke banget. Kalo emang si orang itu udah “diincer”, si orang itu bakal dijemput pake Alphard (dan mungkin dengan jenis mobil-mobil mahal lainnya), terus diajak ke resto yang bagus buat makan sekaligus interview. Oke banget gak tuh?! (++)

Operator lain gak tau hehehe. Mungkin Flexi, kalau buat pilihan CDMA buat yang doyan pergi kemana-mana. Karena setau saya Flexi di mana ada jaringan telepon rumah di situ ada jaringan Flexi. Kalo di kota besar kayak Jakarta Esia mungkin masih jadi pilihan karena murah.

Gitu kira-kira penilaian murni subjektif dan saya rasa cukup objektif juga. Mungkin bisa jadi pertimbangan temen-temen sebelum pakai operator seluler tertentu. Kalo ada salah-salah dikit harap maklum lah ya,, namanya juga manusia😀

8 thoughts on “Operator Seluler Menurut Gue

  1. Untuk yang telkomsel emang pelayanan nya nyebelin. Pernah tuh ngerasain ngantri panjang dan disuruh balik lagi atau cari grapari lagi hahaha #curhat #biarin dan sampe sekarang saya juga masih pake im3, lumayan suka banyak gratis telfon malem2 hehehe

    • wah ternyata beneran ya hahahaha. yah, telkomsel menang jangkauan sinyal aja sih emang. yang lain2nya agak2 mengecewakan. Iya, hidup m3! *walopun ga pernah pake nelpon gratis*

  2. Wahh,,,itu sih pendapat kamu, setiap daerah untuk setiap jaringan pasti ada kelibihannya..mungkin sja jaringan operator yg laen sedang sibuk ngurusi client nya.,smua sih sama..cuma hanya berbeda kualitas&kuantitas nya..tergantung karyawan nya juga, mw menanggapi consument bagaimana, trims

  3. mantap gan.. postingnya bisa jadi referensi sy..karena saat ini saya bingung pilih yg mna..
    1..telkomsel
    dirmah sy sinyal naik turun internetan tambah parah…semua keluarga..teman..dan hantu blau lainya pake ni telkomsel utk nelp/sms..(latah ikut2an pake telkomsel) GRAPARI dekat klu kartu rusak atau ilang gampang…
    2. indosat
    drumah saya sinyal naik turun podo ae telkomsel…internetan agak mending ketimbang telkomsel…saya pake dah 8 thun lebih..enaky tarif bisa ngikut ke tarif baru kartu sy mentari 10 digit..pake paket IM3..sms gratis stelah kirim 2..nelp gratis 1 jam stelah pake 2 menit / rp.2000. keluarga.teman tdk ada yg pake ni indosat…cuma ane sendiriaaaaan… GERAI INDOSAT tdk ada dtmpat sy ada juuauuh 500 KM makan kayak jakarta – semarang..
    3. xl
    dirmah sy jaringan top markotop BTS 500 meter dari rmah sy..hehehhe…3G woke sy pake hotrog3G+ mantap 50.000 ribu aja 1,5 gb..cukuplah…tapi tarif nelp muahaaal..sms. 10 baru dapet gratis 500 sms.. keluarga..kerabat..teman..tdk ada yg pake ni barang XL…hadeeeh…sy sendiri yg pake….XL CENTER juaaah sama dengan indosat..

    jadi bingung pakae yg mana..buang yg mana..make ketiganya jebol saku…ngidupinya..huehehhee…

    ok gan begitulah review ane…tlng gan pencerahanya..makasih salam sukses..

    • Thanks bro sharingnya. Emang tinggalnya di mana?

      Menurut saya yang bisa jadi bahan pertimbangan:
      1. Jumlah teman/kerabat yang pakai provider sejenis
      Ini penting karena semakin banyak orang yang sering kita hubungi kalau pakai provider sejenis pasti biayanya akan semakin murah
      2. Kualitas sinyal (terutama internet)
      Ini penting banget apalagi buat orang yang sering aktif di dunia maya, karena ini gak pengaruh mau pakai operator sejenis/nggak. Soalnya hubungan kita dengan orang lain kan via chatting/socmed yang lebih mengutamakan koneksi internet
      3. Provider pacar/pasangan
      Yang paling sering dihubungi tentu pasangan kita. Nah lebih baik berdiskusi dengan pasangan kita mengenai provider yang digunakan
      4. Customer Care
      Ini penting untuk mengurus jika ada suatu problem di kartu kita. Tapi buat saya pribadi ini gak terlalu penting karena jarang juga kartu rusak/hilang. Dan juga segala informasi yang dibutuhkan bisa diakses via telepon. Jadi customer care center hanya untuk pengurusan kartu hilang/rusak.

      Kalo saya jadi agan sih saya akan pakai Telkomsel+XL karena rekan kerja banyak yang pakai telkomsel sedangkan saya sering berinternet

      Semoga membantu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: