Social Media, Multitasking?

Ada berapa ya media sosial sekarang ini? Ratusan? Lebih!

Yang paling populer sekarang mungkin masih Facebook, Twitter, Instagram, Path. Ada yang punya akun di masing-masing media sosial yang saya sebutin barusan? Saya yakin buanyak banget yang punya. Saya sendiri punya.

Tapi beberapa hari (atau minggu) belakangan saya jarang aktif lagi di media-media sosial tersebut. Kalau dulu aktif di FB karena belum punya Twitter, bikin akun Twitter lalu aktif di Twitter. Lalu saya bikin akun Path, Twitter pun saya tinggalin. Belakangan hampir semuanya gak aktif. Kenapa? karena sibuk main game ini hehehehe. Tapi di lain sisi, saya pribadi merasa bahwa walaupun saya tidak main game itu, saya tidak sanggup aktif di semua socmed itu sekaligus. Karena waktu saya terbuang untuk update-update kejadian, status, atau apapun itusedangkan masih banyak hal yang bisa saya lakukan di dunia nyata. Saya melihat ada beberapa teman yang sangat aktif di semua socmed itu. Salut!

Kalau dipikir-pikir, terlepas dari dampak positifnya ada buruknya juga terlalu aktif di media sosial. Kita malah lebih aktif di dunia maya dibandingkan dengan di dunia nyata. Bahkan ketika kumpul bersama teman-teman atau keluarga, kita malah sibuk dengan hp masing-masing. Seperti tagline yang sering dijadikan joke, “Mendekatkan yang Jauh, Menjauhkan yang Dekat” hehehehe. Saya pernah melihat di suatu tempat, sekelompok anak muda sedang berkumpul tetapi meja tersebut sangat hening. Dan ternyata mereka sedang sibuk dengan gadget masing-masing. Lalu buat apa mereka kumpul bareng? Yang dicari kan justru suasana dan ngobrol barengnya itu. *Sigh*

Contoh lain, saking boomingnya socmed, hampir semua orang sepertinya sebelum makan hal yang pertama dilakukan adalah mencari angle yang tepat untuk memotret makanan itu. Kedua, upload dan share. Baru yang ketiga berdoa (kalo inget).

Saya juga tidak memungkiri kalau saya juga pernah seperti itu. But it was overrated i think.

Jadi kangen jaman-jaman dulu, tahun 90an dan 2000an awal. Ketika handphone masih tergolong barang mewah. Kayaknya seru banget kalau kumpul-kumpul dan ngobrol bareng.. *menerawang*

 

—————

 

How many social media exists rite now? Maybe more than hundreds.

The most popular of those are still Facebook, Twitter, Instagram, and Path I think. Most of you must be have an (or more) account in those social media, rite? So have I.

But few days (or weeks) later, I barely never touch most of those socmed. I once was very active in FB coz I didn’t have a Twitter account. So I made one and very active in Twitter. After that I made Path account, and I left Twitter in exchange with Path. Later, I almost left all of those socmed. And why is it? I left it coz I quite busy with this game :p. But in the other hand, I think I wouldn’t very active in all of those socmed in a row, if I wasn’t playing that game though. I think it would wasting my time for various update I should do like status, photos, or whatsoever. Meanwhile I still can do many things in real world. When I see one or many friends of mine that can do that, I can give nothing but salute!

Apart from its positive side, there are many negative effects in socmed as well. We’ll have more activities in the internet world beside the real world. Our attention are only focused to our gadget meanwhile we don’t give any attention to other people around us. It’s like “Make the Far One Closer, and the Close One Farther” hehe. I once saw some people were gathered in a place but that table was too silent. When I looked up they turns out was playing with their own gadget. Oh gosh. They lose the purpose of gathering itself. *sigh*

Another case, now almost every people who attached with their gadget always take a picture for the meal before they eat it. Secondly, they will upload and share it to socmed. And lastly they pray (if they remember). Haha.

Truth is, I once like them. Take a picture and whatsoever. But it was overrated I think.

I miss the time when gadget is still a luxury thing. I felt like I’ve got all the emotions when we gathered together *wondering*

2 thoughts on “Social Media, Multitasking?

Leave a Reply

