Handphone Baru, Alhamdulillah.. 🎶

Setelah hampir 4 tahun malang melintang di dunia persilatan, akhirnya tiba saat hp lama ini pensiun. Hampir sih tepatnya. Itu pun karena dapet hadiah hp baru dari istri tercinta. Makasih sayang :*

Jadi selama saya punya hp, saya cuma sekali punya hp yang beli dari baru. Sisanya beli second hahaha. Maklum, biar dapet yang murah :p Termasuk hp saya yang lama itu. Hp saya yang lama itu iphone 3Gs. Sampe sekarang udah mau keluar iphone 6 masih aja saya pake hahahaha. Emang masih berfungsi juga sih. Saya juga bukan tipe orang yang ngikutin mode masalah perhenponan. Pasti gak abis2. Baru berapa bulan udah keluar model baru. Jeleknya, begitu hp keluar model baru, si model lama langsung berasa jadul. Contoh iPhone 5 dilanjut iPhone 5s setahun kemudian. Juga Samsung Galaxy S4 dilanjut Galaxy S5 setahun kemudian.

Tapi hp saya ini memang udah saatnya ganti kayaknya. Udah mulai berat running aplikasinya. Mungkin vendor-vendor aplikasi juga menyesuaikan dengan spek hp sekarang, jadi makin berat aja ngejalanin di hp jadul. Baru buka multitasking dikit langsung crash. Plus udah pernah beberapa kali jatuh. Sampe ada bunyi klotok2 gitu kalo digoyang-goyang hahaha. Terus juga udah pernah nyemplung ke air. Ajaibnya, setelah mati, didiemin sampe kering, eh nyala lagi :)). Emang dewa tuh hp. Tapi gara-gara itu gpsnya udah gak berfungsi dengan sempurna lagi😦 Batrenya juga udah payah banget. Sehari aja bisa 2-4x charging kalo lagi aktif2nya. Jadi mesti stand by power bank kemana-mana.

Nah, hp yang baru ini merknya Lenovo. Seri P780. Pengennya sih punya ipon lagi, abis udah jatuh cinta sama iOS. Tapi sayang duitnya hehehe. Entar aja deh nabung dulu.

Lenovo-P780-Front,-Back-and-Side-View

Sebenernya si Lenovo ini udah jadi inceran saya sejak lama. Kenapa? Alesan paling utama karena batrenya. 4000mAH! Muantap! Jarang-jarang smartphone yang kapasitas batrenya gede gini.
Yang kedua harganya gak mahal-mahal amat. Terbilang murah malah buat hp sekelas ini. Browsing aja deh ya berapanya. Yang lain-lainnya gak begitu saya perhatiin. Ya kurang lebih aja lah sama hp-hp sekarang. Saya juga ngerasa belum butuh sama spek yang terlalu tinggi dengan fitur ajaib. Saya cuma butuh buat jalanin aplikasi-aplikasi standar dan main game standar. Jadi ini juga cukup. Alhamdulillah, pas ultah kemarin dikasih hadiah ini hohoho.

Setelah saya pake beberapa hari ternyata terbukti. Saya pake internetan dan main game yang butuh koneksi internet seharian batrenya gak abis-abis. Sehari cukup sekali ngecharge. Bahkan klaimnya waktu stand by bisa sampe 840 hrs alias sebulan! (Buset lama juga ya). Kalo gini sih, bye-bye power bank hahaha.

Cuma saya masih belum tau gimana masalah updatenya. OSnya pake android 4.2.1 Jelly Bean. Katanya sih kalo Android tergantung si pabrikannya dia mau ngeluarin update os buat hp jenis itu ato nggak. Biasanya update dikeluarin buat hp yang hi-end aja. Buktinya, KitKat udah keluar lama tapi belum ada update buat hp ini. Nasib hp andro yang lain juga banyak yang kayak gitu. Malah banyak yang cuma sampe versi sebelumnya dan udah gak keluar updatenya lagi. Paling nunggu aja dari Lenovonya, kali aja beruntung.
Beda sama iOS. Apple setiap ngeluarin update iOS pasti ngeluarin buat semua versi iphone-nya, kecuali memang kalau devicenya udah gak compatible. Seperti iOS 7 gak bisa diinstal mulai iphone 3Gs ke bawah. Which is ipon saya gak bisa pake iOS 7. Iphone 4 bakal gak compatible sama iOS 8.

Saya juga cukup kagum dengan kemampuan macro dari kameranya. Bisa deket banget. Foto di bawah paling jaraknya cuma sekitar 3 cm dari objek. Gw bandingin dengan kamera ipon 4s punya temen gw dengan jarak yang sama.

Ini dari kamera hp saya:

image

image

 

Ini dari kamera ipon 4s temen saya:

IMG_1977

Keliatan kalau kemampuan kamera di ipon untuk macro kurang oke. Dengan jarak yang sama kamera ipon gak bisa nangkep fokus. Emang sih kalo buat selfie gak penting. Tapi kan saya gak suka selfie heheheh. Tapi secara kualitas–IMHO–kamera ipon masih sedikit lebih unggul dibandingkan Lenovo ini. Next time mungkin saya akan lebih sering explore kemampuan kamera hp Lenovo ini (terutama macro kayaknya) dan saya bakal posting di blog.

Saya baru nyoba pake OS android di hp ini. So far yang saya rasain kalau dibandingin sama iOS, Android itu sangat-sangat custom. Terlalu customize malah. Kita jadi terlalu bebas. Terlalu banyak pilihan. Malah bingung jadinya. Saya pribadi masih lebih suka iOS karena lebih simple. Sepertinya Apple udah tau apa yang konsumennya butuhin. Jadi gak perlu ngeluarin semua pilihannya, cukup yang dirasa perlu aja. IMHO aja sih.

Karena saya belum pake cukup lama jadi belum bisa kasih review banyak. Tapi sejauh ini saya sangat puas terutama karena kapasitas baterai yang sangat besar. Mungkin lain kali saya bakal review lagi mengenai hp ini.

Ah ya. Hari ini hari terakhir bulan Ramadhan. Saya mohon maaf kalau ada salah-salah kata ya. Maklum, namanya juga manusia..🙂

Selamat lebaran bagi yang merayakan. Selamat bermacetan bagi yang mudik.
Mudah-mudahan kita bisa ketemu lagi dengan Ramadhan tahun depan. Aamiinn..

2 thoughts on “Handphone Baru, Alhamdulillah.. 🎶

Leave a Reply

